Penggunaan pola 「と + おもいます」(to + omoimasu)

Pola 「と + おもいます」(to + omoimasu) digunakan untuk menyatakan opini terhadap sesuatu hal.

Secara harfiah dapat berarti  “saya pikir…”, “saya kira…”

Contoh dalam kalimat :

 

かのじょ は どくしん だ と おもいます。

kanojo wa dokushin da to omoimasu.

Saya pikir dia (wanita)  single.

 

あした てんき が いい と おもいます。

ashita tenki ga ii to omoimasu.

Saya pikir besok cuacanya bagus.

 

Agnes Monica さん は ゆうめい だ と おもいます。

Agnes Monica san wa yuumei da to omoimasu.

Saya pikir Agnes Monica terkenal.

 

Pola yang digunakan adalah;

「Kalimat Bentuk Biasa と おもいます。」

#Jika penyusunnya adalah kata benda atau kata sifat na, maka sebelum と おもいます, です (desu) berubah menjadi だ (da).

かのじょ は どくしん だ と おもいます。

kanojo wa dokushin da to omoimasu.

Saya pikir dia (wanita)  single.

 

Agnes Monica さん は ゆうめい だ と おもいます。

Agnes Monica san wa yuumei da to omoimasu.

Saya pikir Agnes Monica terkenal.

 

#Jika penyusunnya adalah kata sifat I, kata sifat tersebut tinggal disisipkan sebelum  と おもいます tanpa embel embel です.

あした てんき が いい と おもいます。

ashita tenki ga ii to omoimasu.

Saya pikir besok cuacanya bagus.

 

きのう てんき が よかった と おもいます。

kinou tenki ga yokatta to omoimasu.

Saya pikir kemarin cuacanya bagus.

 

#Jika penyusunnya adalah kata kerja, maka sebelum と おもいます harus dirubah ke bentuk biasa.

あめ が ふります と おもいます。                                            (X)

ame ga furimasu to omoimasu.

あめ が ふる と おもいます。                                                     (O)

ame ga furu to omoimasu.

Saya pikir akan turun hujan.

———————————————————-

あめ が ふりません と おもいます。                                           (X)

ame ga furimasen to omoimasu.

あめ が ふらない と おもいます。                                                (O)

ame ga furanai to omoimasu.

Saya pikir tidak akan turun hujan.

Semoga bermanfaat (^フ^)

Leave a Reply

